Kamis, 16 Mei 2013

Energi Listrik dari Umbi-Umbian


            Hai Sobat Cerdas..  Sobat Cerdas semua pasti pernah mendengar percobaan membuat listrik dari singkong, ubi dan kentang. Tetttt tett waktu percobaan pun dimulai. Ayo Sobat Cerdas mari kita buktikan kebenaran apa benar sih dari bahan ubi singkong, kentang dan ubi rambat tersebut mengandung elektrolit yang bisa menghasilkan listrik. Siapkan dirimu Sobat Cerdas hehehehe…. Sobat Cerdas semuanya. Sebelum memulai membuat percobaan ini diharuskan mencukupi alat dan bahannya. Apa aja sih alat dan bahannya itu?
Alat dan Bahan :
  1. Ubi singkong, ubi rambat dan kentang
  2. Potongan kawat tembaga (dapat diperoleh dari isi
  3. Paku
  4. Kabel secukupnya
  5. Lampu LED
Cara Kerja :
Langkah yang perlu dilakukan Sobat Cerdas yaitu, memotong buah singkong menjadi potongan-potongan agak besar, kemudian tancapkan potongan tembaga dan paku ke masing-masing potongan buah singkong tadi., Selanjutnya tembaga dan paku tersebut dapat dihubungkan secara langsung atau dapat juga dihubungkan dengan kabel serta jangan lupa hubungkan juga kabelnya dengan lampu LED seperti terlihat dalam video di atas.

Kesimpulan :
Kesimpulan yang mungkin dapat saya dan Sobat Cerdas ambil dari pembuktian yang saya lakukan atau mungkin nanti Sobat Cerdas juga penasaran ingin melakukannya,yaitu:
1. Energi listrik dapat diperoleh dari umbi-umbian, sehingga tidak menutup kemungkinan di masa mendatang energi yang berasal dari Minyak, Batubara dapat digantikan dengan energi umbi-umbian.
2  Karena Energi listrik dapat diperoleh dari umbi singkong, maka tidak menutup kemungkinan umbi-umbian yang lain juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan energi listrik,misal umbi kentang atau ketela rambat.
3. Perlu penelitian yang lebih dalam mengenai Energi Listrik dari Umbi Singkong ini, karena pada saat melakukan percobaan ternyata perlu perhitungan yang matang untuk menghasilkan listrik agar menghasilkan arus yang lebih besar, seperti pengaruh diameter kawat tembaga, diameter paku dan besar kecilnya singkong.


Semoga bermanfaat ^^
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar