Jumat, 17 Mei 2013

Belajar Kimia Melalui Es Krim

           
           Hai Sobat Cerdas semua… Siapa sih yang tidak suka dengan yang namanya es krim?? Hampir di seluruh dunia mengenal yang namanya es krim. Bahkan tidak sedikit orang yang menyukai es krim. Pada postingan kali ini, saya akan berbagi pengetahuan kimia melalui es krim untuk Sobat Cerdas semuaagar kita semua tambah Cerdas kimianya. Oke??? Hehehe
        Baiklah untuk mempersingkat baiknya Sobat Cerdas membeli alat dan bahannya terlebih dahulu. Tenang aja Sobat Cerdas. Es krim yang akan kita buat saat ini alat serta bahannya tidaklah mahal bahkan bagi sebagian orang berkata “ ini cara yang mudah dan murah “ yummy…

Alat dan Bahan :
  1. Es batu
  2. Susu
  3. Santan
  4. Gula
  5. Ubi jalar
  6. Garam
  7. Kaleng
Cara membuat :

  1. Hal pertama yang Sobat Cerdas harus lakukan adalah membuat ubi jalar halus entah itu dengan cara diblender atau yang lainnya. Intinya haruslah halus. Kalau seumpama Sobat Cerdas semua tidak suka dengan Ubi Jalar yahh what ever deh bisa kok diganti dengan bahan lainnya.
  2. Yang kedua ubi jalar dicampur dengan santan , gula dan susu sebagai pemanis kemudian ditambah dengan es batu yang dimasukkan pada kaleng. Setelah dimasukkan pada kaleng inilah saatnya Sobat Cerdas semua mengkocok-kocok kaleng tersebut agar adonan es krim tadi menjadi es krim yang enak dan yummy. oh iya, jangan lupa ditambahi garam.
Fungsi dari garam tersebut untuk merendahkan suhu didalam kaleng. Jenis koloid pada adonan es krim yaitu emulsi atau cair dalam cair akan tetapi jika adonan es krim itu sudah jadi es krim jenis koloidnya emulsi padat atau cair dalam padat. Fungsi dari santan itu hanya sebagai penggurih saja. Kalau tak ada santan pun juga tak masalah sedangkan fungsi dari gula dan susu hanyalah sebagai pemanis saja.
Nah sekarang Sobat Cerdas sudah tau kan bagaimana membuat Es krim dengan cara yang sederhana dan mudah? Selamat mencoba Sobat Cerdas semuanya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar